Selasa, 20 November 2012

Masjid Cheng Hoo Purbalingga





Masjid Cheng HOO Purbalingga tampak sangat indah pada malam hari



Masjid Cheng Hoo Purbalingga adalah
Masjid bernuansa Muslim Tionghoa yang berlokasi di desa Selaganggeng kecamatan Mrebet kabupaten Purbalingga.
Masjid ini didirikan atas prakarsa para sesepuh, penasehat, pengurus PITI, dan pengurus Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia, serta tokoh masyarakat Tionghoa di Purbalingga.Masjid yang diresmikan Bupati Heru Sudjatmoko pada tahun 2011 menjadi bukti keberagaman etnis dalam agama Islam di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya Purbalingga.
 "Masjid ini dibangun 2005. Tapi baru selesai pada 2011. Kendala keuangan membuat pembangunan masjid tersendat cukup lama," tutur Teguh, penjaga masjid Cheng Hoo.
Masjid Cheng Ho, atau juga dikenal dengan nama Masjid Muhammad Cheng Hoo Purbalingga, ialah bangunan masjid yang menyerupai kelenteng (rumah ibadah umat Tri Dharma). Gedung ini terletak di tujuh kilometer utara Kota Purbalingga. Masjid ini didominasi warna merah, hijau, dan kuning. Ornamennya kental nuansa Tiongkok lama. Pintu masuknya menyerupai bentuk pagoda. Di sisi kanan bangunan terdapat sebuah beduk sebagai pelengkap bangunan masjid.Selain Purbalingga di Surabaya dan Palembang juga telah ada masjid serupa dengan nama Masjid Cheng Ho Surabaya dan Masjid Cheng Ho Palembang

Bedug Masjid Cheng HOO Purbalingga


Sumber : purbalanjar, wikipediafhsandhyah.


Tidak ada komentar: